Identitas (identity)
Nama
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah
Fakultas : Tarbiyah dan Keguruan
Perguruan
Tinggi : Institut Agama Islam Negeri
Sultan Maulana
Hasanuddin
Banten
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 30
Serang Banten
Ketua
Jurusan : Moh. Rifqi Rijal, S.Si,
M.MPd
Sekretaris
Jurusan : Akrom, S.Ag, M.Ag
Visi (vision)
Menjadi program studi
yang dapat menghasilkan guru
professional di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekolah Dasar (SD) serta mampu
mengintegrasikan aspek keislaman, keilmuan, kemanusiaan, dan keindonesiaan pada
tahun 2020.
Misi (mission)
1) Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang
aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan yang sesuai dengan tuntutan
perkembangan pendidikan dasar;
2) Melaksanakan penelitian dan mengembangkan
teori-teori dan konsep keilmuan pendidikan dasar;
3) Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat
untuk membantu menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan dasar;
4)
Meningkatkan
kualitas Sumber Daya Tenaga Pendidik dan Kependidikan Program Studi Pendidikan
Guru MI/SD yang berkarakter kuat dan bermoral;
5) Menjalin kerjasama dan menyediakan informasi
sebagai rujukan bagi stake holders
dalam bidang pendidikan dasar.
Tujuan (purpose)
1) Menghasilkan guru kelas yang memiliki pengetahuan,
sikap, keterampilan dan nilai di bidang pendidikan dasar;
2) Menghasilkan guru kelas yang memiliki kompetensi
sebagai agen pembelajaran, yang meliputi
(a)
kompetensi
pedagogik;
(b)
kompetensi
kepribadian;
(c)
kompetensi
profesional; dan
(d)
kompetensi
sosial;
3) Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk
mengembangkan inovasi-inovasi pendidikan dasar dan/atau pembelajaran pada
jenjang pendidikan dasar;
4) Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pengelola
(menajer) di lembaga pendidikan dasar;
5)
Membangun
jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri,
masyarakat pengguna lulusan, dan stakeholders lainnya.
Kompetensi Lulusan (competencies)
Kompetensi lulusan Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah adalah:
1)
Kompetensi Kepribadian
-
Mampu
mengembangkan diri sebagai pendidik muslim yang professional;
-
Memiliki
pengetahuan dan keterampilan tentang persoalan-persoalan Manajemen
dan Supervisi untuk meningkatkan kualitas Sekolah dan Madrasah;
2)
Kompetensi Pedagogik
-
Mampu
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran di SD/MI;
-
Mampu
meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas;
3)
Kompetensi Profesional
-
Menguasai
substansi dan metodologi dasar keilmuan sebagai guru kelas di MI/SD;
-
Menguasai
dasar-dasar materi kegiatan ekstra kurikuler yang mendukung tercapainya tujuan
utuh pendidikan peserta didik MI/SD;
-
Menguasai
substansi dan metodologi dasar keilmuan Seni, Budaya dan Keterampilan yang
mendukung pembelajaran Seni, Budaya dan Keterampilan di MI/SD;
4)
Kompetensi Sosial
-
Memiliki
pengetahuan dan kepedulian tentang persoalan-persoalan kemasyarakatan dan
kenegaraan;
-
Memiliki
keterampilan menganalisis, memecahkan masalah, dan bekerja sama dengan orang
lain;
-
Memiliki
kepekaan sosial untuk peningkatan kualitas Sekolah/Madrasah bersama-sama dengan
masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar